3 Sifat Wanita calon Istri Ideal, (jomblo wajib Tahu)

3 Sifat Wanita calon Istri Ideal

Syaikh Abdul Azhim Badawi hafizhahullah mengatakan, “Barangsiapa yang ingin menikah maka hendaknya ia mencari wanita yang memiliki sifat-sifat berikut ini:
1. Memiliki agama yang bagus, berdasarkan hadits Abu Hurairah dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda:
تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
“Seorang wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung.” (HR. Bukhari: 5090, Muslim: 1466)

2. Gadis, kecuali apabila ada mashlahat lain untuk menikahi janda. Hal ini berdasarkan hadits Jabir bin Abdillah, ia menuturkan:
تَزَوَّجْتُ امْرَأَةً فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَقِيتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا جَابِرُ تَزَوَّجْتَ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ بِكْرٌ أَمْ ثَيِّبٌ قُلْتُ ثَيِّبٌ قَالَ فَهَلَّا بِكْرًا تُلَاعِبُهَا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي أَخَوَاتٍ فَخَشِيتُ أَنْ تَدْخُلَ بَيْنِي وَبَيْنَهُنَّ قَالَ فَذَاكَ إِذَنْ إِنَّ الْمَرْأَةَ تُنْكَحُ عَلَى دِينِهَا وَمَالِهَا وَجَمَالِهَا فَعَلَيْكَ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
Aku menikahi seorang wanita di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu aku bertemu dengannya, beliau bertanya: “Wahai Jabir, apakah kamu telah menikah?” Aku menjawab; “Ya”. Beliau bertanya lagi: “Dengan seorang gadis atau janda?” Aku menjawab; “Dengan seorang janda”. Beliau bersabda: “Kenapa kamu tidak memilih yang masih gadis, hingga kamu bisa mencumbunya dan dia bisa mencumbuimu?” Aku menjawab; “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki saudara-saudara perempuan, dan saya khawatir jika dia (gadis) melunturkan hubungan baikku dengan mereka.” Lalu beliau bersabda: “Jika demikian maka tidak masalah, sesungguhnya seorang wanita dinikahi karena agamanya, hartanya, dan kecantikannya, maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Muslim: 715)

3. Subur (berpotensi melahirkan banyak anak), hal ini berdasarkan hadits Anas dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda:

تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمْ الْأُمَمَ
“Nikahkanlah wanita-wanita yang penyayang dan subur (banyak keturunan), karena aku akan berbangga kepada umat yang lain dengan banyaknya kalian.” (HR. Abu Dawud: 2050)
Diterjemahkan dari Al-Wajiz fi Fiqhi as-sunnah wa al-Kitabi al-‘Aziz, Kitab Nikah hlm. 328-329

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com