Bagaimana Akhlakmu Terhadap Orang Miskin ?

Bagaimana Akhlakmu Terhadap Orang Miskin ?

Kita menyaksikan mayoritas manusia mereka membeda-bedakan teman duduknya, dalam bahasa lainnya pilih kasih..., bahkan mungkin ada sebagian diantara kita yang enggan untuk berteman dan bersahabat dengan orang-orang rendahan alias miskin.

....Subhanallah...

Dimanakah akhlak kita dari akhlak Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam-??

Beliau adalah manusia yang termulia, namun bersamaan dengan itu beliau adalah manusia yang paling cinta dan memiliki kasih sayang terhadap orang-orang miskin.

Dari Abu Said Al Khudry -radhiyallahu 'anhu- berkata;

"Cintailah oleh kalian orang-orang miskin itu, karena aku mendengar Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- berucap dalam doanya;

اللهم احيني مسكينا وامتني مسكينا واحشرني في زمرة المساكين
"Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, dan matikanlah aku dalam keadaan miskin, serta bangkitkanlah aku bersama sekumpulan orang-orang miskin". HR. Ibnu Majah (4126)

Didalam hadits Abu Dzar -radhiyallahu 'anhu- beliau berkata;

أمرني خليلي صلى الله عليه وسلم بسبع؛ أمرني بحب المساكين...
"Sang kekasihku (yaitu Rasulullah) memerintahkanku dengan tujuh perkara; diantaranya memerintahkanku untuk mencintai orang-orang miskin...". HR. Ath Thabrany dalam Ash Shaghir (758)

Berkata Sahl bin Hanif -radhiyallahu 'anhu- berkata;

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأتي ضعفاء المسلمين ويزورهم ويعود مرضاهم ويشهد جنائزهم
"Adalah Rasulullah -shalallahu 'alahi wa sallam- mendatangi orang-orang lemah dari kalangan kaum muslimin, mengunjungi mereka, menjenguk orang sakitnya dan menghadiri penyelenggaraan jenazahnya". HR. Al Hakim (2/466)

Lalu dimanakah akhlak kita dari mengikut dan mencontoh Nabi kita -shalallahu 'alaihi wa sallam-??

Lihatlah contoh terbaik para pengikut setia Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- dalam kehidupan sehari-hari mereka...

كان ابن عمر لا يأكل حتى يؤتى بمسكين يأكل معه
"Adalah Ibnu Umar -radhiyallahu 'anhu- enggan untuk makan hingga didatangkan kepadanya seorang miskin yang mau makan bersamanya". Riwayat Al Bukhary (3593)

وكان جعفر بن أبي طالب أخير الناس للمساكين
"Adalah Ja'far bin Abi Thalib -radhiyallahu 'anhu- adalah seorang yang paling baik terhadap orang-orang miskin". Riwayat Bukhary (3505)

Bahkan Ja'far bin Abi Thalib ini karena sangat cinta terhadap orang-orang miskin dan selalu duduk bersama mereka sehingga Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- memberikan kun_ya (julukan) baginya Abul Masaakiin (bapaknya orang-orang miskin), sebagaiman terdapat dalam riwayat At Tirmidzi (3766).

Ayolah kawan...

Mulailah dari sekarang untuk belajar mencintai orang-orang miskin serta membantu dan berinteraksi dengan mereka dengan cara yang terbaik.