Bahasa arab Amiyah juga perlu dipelajari

Bahasa Amiyah: Bahasa arab pasaran, bahasa sehari-hari yang digunakan oleh orang arab. Baik di rumah,pasar,seorang supir,atau rumah sakit. Secara umum bahasa masyarakan arab menggunakan Amiyah untuk sehari-hari, jarang Fushah.

Bahasa Fushah : Bahasa arab resmi,sesuai qaidah nahwu sharaf. Biasanya bahasa ini digunakan untuk mengajar di kelas,kampus,pidato dan acara resmi lainnya. Bahasa Fushah juga sangat membantu seorang penuntut ilmu untuk memahami Al-qur'an dan sunnah,karena kitab ulama menggunakan b.fushah.


Namun demikian, ternyata bahasa Amiyah sangat berguna jika kita hidup di tengah masyarat Arab. Karena untuk bercakap dengan mereka kita harus bisa bahasa Amiyah yang digunakan setiap hari oleh mereka.

Pengalaman saya peribadi saat di Ma'rib Yaman,karena mayoritas mereka badui dan belum terlalu banyak berinteraksi dengan orang non Arab. Saya coba bicara dengan masyarakat menggunakan b.arab fushah mereka tidak begitu menanggapi,mungkin dianggapnya lucu " Terlalu resmi bagi mereka " atau apa lah... Yang menjadi kendala, saya pun harus beradap tasi untuk faham betul bahasa mereka ( minimal 1 lebih ), karena terkadang ucapan b.arab mereka banyak disingkat dan ada sedikit berbeda Lahjah.

Di antara manfaat kita bisa bahasa Amiyah,akan lebih mudah bergaul dengan masyarakt secara umum saat kita hidup di tengah mereka, lebih akrab dan tak ada jarak. Karena tadi,jika menggunakan Fushah terkadang tidak begitu nyambung pembicaraan kita dengan mereka.

Contoh bahasa amiyah yang sering saya dengar di Yaman..

Ya, Iya (Aywah): ايوة
Mau apa kau/kenapa kamu ? ما لك
Tidak mungkin (Musy mumkin): مش ممكن
Kamu dari mana ( Inta min weyn ): انت من وين
Saya mau tidur ( Abgha Annaum ) : ابغى النوم
Berapa harganya (Bi kam) : بكم
Di mana alamatmu وين عنوانك

Apa yg kamu kerjakan إِيْشْ شَوِّي انت
Sebentar شوي ( Syuwaya )
Kamu mau kemana وين تروح
Ayo kita pergi يا الله بِنَا نَرُوْح
Bagaimana kabar kamu ايش أخْبَارَكْ
Bagaimana كِيْفْ


Nah,bagi anda yang ingin belajar ke Yaman atau Mesir,jangan remehkan bahasa Amiyah..Baarakallah Fiikum..

#Intinya terus belajar B.arab..
______________
Abu Naayif