Berdoa agar diberi hati yang khusyu

Berdoa agar diberi hati yang khusyu
Do'a yg Nabi صلى الله عليه وسلم ajarkan kepada Sahabatnya

BELUM mendapatkan ni'matnya khusyu' dalam ibadah makanya terkadang kok ibadah sa' sa-E (asal-asalan dan alas-alasan serta malas-malasan) tidak merasakan ni'mat dan tidak menjiwai.

Ada apa gerangan...

Ketahuilah... Khusyu' itu ni'mat anugerah dari Allah... Mintalah kepadaNya.

Ketahuilah... Sumber khusyu' dari dalam hati maka semakin makmur hati anda dengan amalan hati, (ikhlas, cinta, harap, takut, inabah, tawakkal...) maka semakin khusyu' anda dalam ibadah.

Kenapa sulit khusyu'...seakan hati ini lebih keras dari batu cadas...?

Jangan putus asa...teruslah berdo'a. Ini dia do'anya.

#Do'a berikut ini adalah senjata yg sangat penting

Do'a berlindung dari: Sikap lemah, malas, pengecut, bakhil, pikun, siksa kubur. Do'a minta ketakwaan dan kesucian jiwa. Do'a berlindung dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyu', nafsu yang tidak puas, dan do'a yang tidak dikabulkan.

Maka hendaknya dihafalkan do'a ini

(اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ، وَالْبُخْلِ، وَالْهَرَمِ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ،
اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا.
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا)
"Ya Allah, berikanlah diriku ketakwaan, sucikanlah ia, karena Engkau adalah sebaik-baik Dzat yang mensucikannya, Engkaulah yang menguasai dan menjaganya.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, dan sifat kikir, kejelekan di waktu tua, dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur,

Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dan dari jiwa yang tidak pernah merasa kenyang, dan dari do'a yang tidak dikabulkan.
[HR. Muslim]

Catatan:

Do'a yang paling bagus yang lafadz lafadznya dari Nabi dan Sahabat mengamalkannya, karena mereka adalah orang yang paling cinta kebaikan dan kebenaran
غفر الله له ولوالديه
Ustadz Abdurrahman Hamzah, Lc. M.Hi حفظه اللّٰه تعالى