Fenomena Munculnya Ustadz² "Akhir Zaman"


Fenomena munculnya ustadz² "akhir zaman" ini, sebenarnya sangat merugikan Islam dan kaum muslimin .. berikut beberapa alasannya :
a. Mereka tidak peduli dengan sumber dalil yg kuat .. apapun dipakai dalil oleh mereka, selama sesuai dengan cok-galicoknya

- hadits² lemah, bahkan palsu dipakai sebagai dalil.

- cerita teman, dipakai sebagai dalil.

- bahkan kata orang yahudi, dipakai juga sebagai dalil.

b. Mereka memaknai hadits dengan seenaknya, sehingga banyak hadits yg dipelintir dan dipaksakan, agar menunjukkan bahwa peristiwa tertentu yang terjadi akhir² ini adalah peristiwa yg dimaksud Nabi shallallahu alaihi wasallam dalam haditsnya.

- Ini sangat berbahaya bagi ustadz² tersebut, kerena bisa saja masuk ke dalam tindakan berdusta atas nama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

- Ini juga berbahaya bagi pendengar, karena mereka akan mengira mendapatkan kebenaran padahal itu kebatilan.

- dan ini juga akan mencoreng nama Islam, kerena akan banyak prediksi² yg tidak sesuai dg fakta .. sehingga banyak orang menuduh Islam telah mengabarkan hal² yang salah .. padahal yg salah adalah pemahaman org yg menyampaikannya

c. Akan banyak orang yg tertipu dengan perkataan mereka, dan mengeluarkan materi yang tidak sedikit karenanya .. dan nantinya mereka akan merasa dirugikan oleh Islam.

Seperti, ajakan untuk hidup di gunung .. karena dajjal katanya akan masuk ke kota² saja, tidak akan masuk ke desa²! .. sehingga dia mengajak manusia untuk bersiap² beli tanah di gunung dan segera bangun .. kemudian dia yang akan mengelola dengan alasan agar rumah itu terjaga dengan baik dan dipakai untuk kebaikan

Tentu yg seperti ini adalah pemahaman yg aneh, dan tidak pernah dipahami oleh para ulama generasi salaf.

Para ulama salaf juga meyakini dekatnya kiamat, tapi tidak melakukan apa yang mereka lakukan.

Ustad² "akhir zaman" ini seakan² ingin agar kiamat segera terjadi, sehingga hal² yg terjadi saat ini, harus dihubung²kan dengan tanda datangnya kiamat, disertai dengan menyebutkan dalil² yang dipaksakan, wallahul musta'an.

Sungguh, jika bukan karena kesadaran wajibnya amar ma'ruf nahi munkar, maka tulisan ini tidak akan ada.

Hati²lah dlm mengambil ilmu agama, agar kita selamat, selamat dunia akhirat

Ustadz DR. Musyaffa ad Dariny, Lc. MA.