Kenapa Aku Tidak Bisa Bangun Tahajjud Seperti Dulu Lagi

Kenapa Aku Tidak Bisa Bangun Tahajjud

Shalat tahajjud adalah shalat di malam hari setelah bangun dari tidur. Shalat tahajjud hukumnya sunnah dan sangat utama. Orang yang diberikan taufiq untuk bisa rutin melaksanakan tahajjud setiap malam adalah orang yang mendapatkan keutamaan dan kemuliaan dari Allah Ta'ala.
Seseorang yang semangat di awal hijrah akan terasa mudah melaksanakan shalat tahajjud, namun bagi yang sudah lama, mulai merasa berat dalam melaksanakannya.

Kenapa demikian

Karena semangat, tekad dan keimanannya mulai pudar dan loyo karena melakukan dosa dan mulai menjauh dari kedekatan kepada Allah Ta'ala. Ia mulai merasakan ibadahnya menjadi hampa dan tidak merasakan lezatnya. Shalatnya mulai hampa dan tidak khusyu'.

Bagi yang keimanannya mulai turun, hendaknya segera diobati dengan banyak bertaubat dan meninggalkan kemaksiatan, karena kemaksiatan akan menyebabkan keimanan menjadi melemah.

Al-Imàm Sufyan At-Tsaurì رحمه الله berkata:
حرمت قيام الليل خمسة أشهر بسبب ذنب أذنبته.
"Selama lima bulan aku merugi tidak melakukan shalat Tahajjud karena dosa yang aku perbuat.”
Ia ditanya, “Apakah dosa yang engkau lakukan?” Ia menjawab: “Aku melihat seseorang menangis, lalu aku berkata dalam diriku, ‘Orang ini riya’.'”

Lihatlah, efek negatif dari dosa. Hanya karena dosa meremehkan orang yang menangis, menjadikan beliau tidak bisa shalat malam selama lima bulan, bagaimana dengan dosa yang lebih besar dari itu❓

Seorang laki-laki berkata kepada Al-Imam Al-Hasan Al-Bashri رحمه الله:

أعياني قيام الليل. فقال: قيدتك خطاياك.
"Aku berat melakukan shalat malam?"
Beliau menjawab: "Dosamu telah mengikatmu (dari melaksanakan shalat malam)"
Fudhail bin ‘Iyadh رحمه الله berkata,
إذا لم تقدر على قيام الليل ، وصيام النهار ، فأعلم أنك محروم مكبّل
“Bila kamu tidak mampu melakukan shalat Tahajjud di malam hari dan puasa di siang hari maka kamu adalah orang yang merugi.” [Al-Hilyah (VIII/91)]

Saudaraku, tinggalkanlah kemaksiatan dan dosa agar bisa berkhalwah (menyendiri) di malam hari dengan Allah Ta'ala dan merasakan kenikmatan dalam beribadah!

Agus Santoso el-Klateni
BIS & BMS( dakwah utk umat)