Mari Mengenal Manhaj Salaf!!

Mari Mengenal Manhaj Salaf!!

[PENGERTIAN MANHAJ]

"Manhaj dalam bahasa artinya jalan yang jelas dan terang. Maksudnya jalan dan syari'at." (Tafsir Ibnu Katsir III/129)

Manhaj artinya jalan atau metode. Dan manhaj yang benar adalah jalan hidup yang lurus dan terang dalam beragama menurut pemahaman para Shahabat.

[PENGERTIAN SALAF]

"Salaf berasal dari kata salafa-yaslufu-salafun, artinya telah lalu. Kata salaf juga bermakna: seseorang yang telah mendahului (terdahulu) dalam ilmu, iman, keutamaan, dan kebaikan. Karena itu generasi pertama dari umat ini dari kalangan para tabi'in disebut sebagai as-salafush-shalih." (Lisaanul 'Arab VI/331)

KESIMPULAN MANHAJ SALAF

Berdasarkan definisi di atas, maka manhaj salaf adalah:

Suatu istilah untuk sebuah jalan yang terang lagi mudah, yang telah ditempuh oleh para shahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tabi'in dan tabi'ut tabi'in di dalam memahami dienul Islam yang dibawa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Seorang yang mengikuti manhaj salaf ini disebut dengan Salafy atau As Salafy, jamaknya Salafiyyun atau As Salafiyyun.

Al Imam Adz Dzahabi berkata: "As Salafi adalah sebutan bagi siapa saja yang berada di atas manhaj salaf."

majelis sunnah manhaj salaf menutut ilmu agama berdasarkan dalil Al-qur'an & As-sunnah 'ala fahmi salafush sholeh... kembali ke ajaran islam yg murni dibawak rosululloh sesuai sunnah atau perintahnya yg diajarkan rosululloh shallallahu 'alaihi wa sallam

Tidak melakukan perkara baru dlm agama islam atau bid'ah karena islam sudah sempurna dibawak rosulullah sebagai nabi terakhir pernutup nabi bagi umat islam.

Allahul musta'an

Siyar A'lami Nubala 6/21
MULIA DENGAN MANHAJ SALAF USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS حفظه الله تعالى
sumber Tg : https://t.me/onedayoneavail