Miris, Ketua BPIP Ingin Ucapan Assalamualaikum Diganti dengan Salam Pancasila

Ketua BPIP

Wawancara Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi dengan Detikcom beberapa waktu lalu salah satunya menyoroti tentang ucapan salam bagi pejabat publik di depan umum. Prof Yudian menyarankan agar sebaiknya ucapan Assalamualaikum diganti dengan Salam Pancasila.

“Dulu kita sudah nyaman ya dengan ucapan selamat pagi, tapi sejak reformasi diganti Assalamualaikum di mana-mana. Tidak peduli ada orang Kristen, orang Hindu hajar saja dengan Assalamualaikum,” ungkap Prof Yudian, seperti dilansir dari VIVA.co.id, Jumat, (21/2/2020).

“Sekarang kan salamnya ada lima atau enam sesuai agama yang ada di Indonesia. Nah ini kan menjadi masalah baru lagi kan kalau begitu. Kini sudah ditemukan oleh Yudi Latif atau siapa itu dengan Salam Pancasila. Saya sependapat,” ungkap Prof Yudian.

Prof Yudian menjelaskan bahwa seharusnya salam di depan umum cukup menggunakan salam yang sudah disepakati secara nasional. “Misalnya, Salam Pancasila. Biar para ulama tidak ribut lagi, ini kalau kamu ngomong shalom nah kamu ini sudah menjadi orang Kristen. Nah ini jalan pemersatu (salam pancasila),” ujar Prof Yudian.

Pernyataan Prof Yudian kemudian mendapat kecaman keras dari para tokoh nasional. Di antaranya MS Kaban, Fadli Zon dan Prof Said Didu.

“Usulan BPIP gantikan salam kaum muslimin sudah keterlaluan, satu kalimat bubarkan BPIP anti agama. Sejarah menunjukkan yang suka gugat agama khususnya Islam itu jelas-jelas PKI, Komunis anti agama,” ungkap MS Kaban di akun twitternya @hmskaban.

usulan BPIP gantikan salam kaum muslimin sudah keterlaluan, satu kalimat bubarkan BPIP anti agama.Sejarah menunjukkan yg suka gugat agama khususnya islam itu jls2 PKI,Komunis anti agama.Tolak kehadiran BPIP.Ayo debat terbuka BPIP.Knpa BPIP bawa Pancasila musuh agama.

Semenata itu, Anggota DPR RI Fadli Zon meminta BPIP dibubarkan. “Lembaga ini memang layak dibubarkan, selain membuat kegaduhan nasional juga berpotensi menyelewengkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” ungkap Fadli Zon.

Mantan sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu juga turut mengecam pernyataan BPIP. “Kata Katua BPIP bahwa musuh besar Pancasila adalah Agama. Kata dia juga sebaiknya assalamualaikum diganti dengan Salam Pancasila. Logika akal sehat dari 2 pernyataan tersebut, justru yang memusuhi agama adalah Pak Yudian/BPIP. Makin jelas. #AssalamuAlaikumWrWbYudian,” ungkap Said Didu


Sumber : moslemtoday.com
___________________________
disyariatkan ucapkan assalamualaikum bukan salam pancasila
"Setiap kali Abu Bakar Radiyallahu anhu melihat seseorang dari jauh, beliau memberi salam kepadanya. Maka Abu Bakar rodhiyallaahu 'anhu pun berkata, "Tidakkah kamu melihat keutamaan yang dianugrahkan kepada kaum yang mendahului memberi salam atas kamu, maka jangan sampai seorang pun mendahuluimu untuk salam." Akhirnya setiap tampak seseorang dari jauh, maka kami segera memberikan salam sebelum ia memberi salam kepada kami." {Hasan: Shohih At-Targhib wa At-Tarhib (no.2702).}

MemuLai ucapkan salam ketika bertemu saudara Muslim