Sakit di dunia akan diberi tambahan pahala

Sakit di dunia akan diberi tambahan pahala

Orang-orang yang mendapat sakit di dunia akan diberi tambahan pahala sebagai buah dari kesabaran mereka. Seperti diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda:
يَوَدُّ أَهْلُ العَافِيَةِ يَوْمَ القِيَامَةِ حِينَ يُعْطَى أَهْلُ البَلاَءِ الثَّوَابَ لَوْ أَنَّ جُلُودَهُمْ كَانَتْ قُرِضَتْ فِي الدُّنْيَا بِالمَقَارِيضِ
“Orang-orang yang sehat pada hari kiamat nanti ketika orang-orang yang mendapat musibah diberi pahala, (mereka yang ketika di dunia sehat) amat menginginkan seandainya kulit mereka dipukul ketika di dunia dengan pemukul sehingga terkelupas.” (HR. Tirmidzi: 2402, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 8177)

Wajar mereka menginginkannya, karena pada hari itu tidak ada yang lebih diharapkan oleh seorang selain mendapat tambahan pahala dan penghapusan dosa. Saat itu pahala sebesar biji sawi pun lebih berharga dari pada dunia dan seisinya.

Maka bagi Anda yang tertimpa sakit di dunia, hapus air mata jangan bersedih. Sesungguhnya Anda akan diberi tambahan pahala di hari tidak ada lagi emas dan perak jika Anda mau bersabar.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com