Sejauh Mana Engkau Mengenal Nabimu ?

Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:

Bismillah..

Mengenal Nabi shalallhhu alaihi wa sallam adalah salah satu dari tiga hal yang wajib diketahui dan kelak akan ditanya tentangnya di alam kubur, yaitu saat ditanya siapa Rabbmu ? apa agamamu ? dan siapa Nabimu ?

Apa yang sudah engkau ketahui tentang baginda Nabi shalallahu alibi wa sallam, sudah tahukah engkau tentang sirahnya, tengtang akhlaknya atau tentang sifatnya ?

Sejauh mana dirimu mengenal Nabimu ? Apakah pengetahuanmu terhadap beliau hanyalah sebatas gumpala pengetahuan di dalam otakmu semata, ataukah pengetahuan yang dibarengi dengan ittiba meneladani sifat dan akhlak beliau dalam kehidupan yanta ?

Allah ta’ala berfirman,

أَمۡ لَمۡ يَعۡرِفُواْ رَسُولَهُمۡ فَهُمۡ لَهُۥ مُنكِرُونَ

“Ataukah mereka tidak mengenal Rasul mereka (Muhammad), karena itu mereka mengingkarinya?.” (QS. Al-Mu’minun : 69)

Maka yang dimaksud dengan mengenal beliau bukanlah semata-mata membaca sejarah hidup beliau, namun mengetahui dan meneladani sunnah-sunnah beliau serta membenarkan apa saja yang datang dari beliau shalallahu alaihi wa sallam.

Tidakkah kita tahu bersama bahwa orang kafir Quraisy mereka mengetahui bahwa Nabi Muhammad shalallahu alaohi wa sallam adalah orang yang amanah dan jujur ? Namun sungguh pengetahuan mereka tersebut tidaklah bermanfaat sama sekali karena mereka membalikkan fakta dan mendustakan apa-apa yang Nabai sampaikan dan enggan mengikuti beliau.

Berbeda dengan seorang muslim sejati, yang mana ia haruslah mengetahui tentang Nabi shallalahu alaihi wa sallam dibandingkan lainnya, serta ia jadikan pengetahuan tersebut sebagai sarana untuk menteladani, mencontoh dan mentaati beliaushalallahu alaihi wa sallam, Allah ta’ala berfirman,

وَإِن تُطِيعُوهُ تَهۡتَدُواْۚ

“Jika kamu taat kepadanya(Nabi Muhammad), niscaya kamu mendapat petunjuk.” (QS. An-Nur : 54)

Maka saat kita mempelajari dan meneladani Nabi shalallahu alaihi wa sallam niscaya Allah akan memberikan kita hidayah, tidak mau kah kita mendapatkannya ?

Mari kita buka kembali buku-buku sirah dan hadits-hadits Nabi shalallahu alaihi wa saallam untuk mengenal lebih dekat sosok beliau, yang tentunya dengannya kita akan lebih mencintai beliau dan dapat mengambil ibrah untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Wallahu ta’ala a’lam

Ditulis Oleh : Muhammad Fatwa Hamidan


Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan: