Sibuk dengan Jaminan, Lupa dengan Permintaan

Sibuk dengan Jaminan, Lupa dengan Permintaan

Allah ta’ala berfirman,
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا [هود : 6]
"Dan tidak ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rizkinya…" (Qs. Huud : 6)

نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ [الأنعام : 151]
"Kamilah yang memberikan rizki kepadamu dan kepada mereka (anak-anakmu)." (Qs. al-An’am : 151)

Salah seorang yang shaleh mengatakan :

Saya heran dengan anak Adam (manusia), sedemikian gigih mereka berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang telah dijamin bagi mereka, sementara ia meninggalkan sesuatu yang diminta dari mereka (yakni, beribadah hanya kepada-Nya, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ . الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ [البقرة : 21 ، 22]
"Wahai manusia ! Sembahlah tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.  (Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Kerena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui." (Qs. al-Baqarah : 21-22)

Sungguh, Rabbmu telah menjamin untukmu rizkimu, maka perhatikanlah kepada apa yang diminta darimu dan sibukkanlah dirimu dengan apa yang dikehendaki Allah pada dirimu.

(Tafsir asy-Sya’rawiy, 1/3283)

--------------------
sofwa.tv | alsofwa.com
Konsultasi Islam & Keluarga (021-7817575)
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82